Sabtu, 14 Desember 2013

Terminal Server & Kategori server


Terminal Services merupakan sebuah layanan yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi atau data yang disimpan dalam komputer jarak jauh melalui sebuah koneksi jaringan. Dengan meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows NT 4.0 Server, Terminal Server Edition, Microsoft mulai masuk ke dalam pasar enterprise, yang masih mengandalkan mainframe tua, sehingga mereka dapat melakukan upgrade ke sistem operasi baru.
Layanan Terminal Services dalam Windows NT Terminal Server Edition berjalan di atas protokol yang disebut dengan RDP (Remote Desktop Protocol). Protokol ini dikembangkan pada versi-versiWindows NT selanjutnya. Pada Windows XP Professional, Microsoft juga menyediakan layanan Terminal Service, meskipun hanya dapat digunakan oleh seorang user, dengan menggunakan fitur Remote Desktop.

Terminal server bertindak saperti sebuah multiplayer yang memungkinkan sejumlah komputer kecil, atau terminal-terminal yang lain, untuk mengakses ke sebuah titik LAN yang sama. Terminal server dapat digunakan untuk menyediakan akases ke komputer pusat untuk sejumlah terminal dengan menggunakan biaya yang rendah.Terminal server memungkinkan organisasi untuk menghubungkan perangkat ke jaringan area lokal (LAN). Skenario aplikasi utama adalah untuk memungkinkan perangkat serial untuk mengakses aplikasi server jaringan, atau sebaliknya, di mana keamanan data di LAN umumnya tidak masalah. Biasanya perusahaan yang memerlukan server terminal dengan fungsi-fungsi canggih ingin kontrol jarak jauh, memonitor, mendiagnosa dan memecahkan masalah peralatan melalui jaringan telekomunikasi. Sebuah "terminal server" digunakan banyak cara, tetapi dari rasa dasar jika pengguna memiliki perangkat serial dan mereka perlu untuk memindahkan data melalui LAN.

Desktop Server
Server desktop adalah sebuah sistem komputer yang bertindak sebagai titik akses bagi orang lain untuk menyambung. Orang terhubung ke server melalui komputer mereka sendiri, baik melalui browser web atau jenis lain dari program, seperti video game. Kemampuan mereka untuk menyimpan file dan database memungkinkan orang untuk mendistribusikan informasi dan pelayanan kepada orang lain. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka secara fisik mungkin terlihat seperti sebuah komputer desktop biasa, terdapat beberapa faktor yang berbeda yang memisahkan mereka dari komputer yang khas.

Rack Mount server
Racking System dirancang untuk modus server Internet, rak server adalah desain penampilan sesuai dengan standar yang seragam dari server, dengan menggunakan kesatuan kabinet. Dapat dikatakan rak adalah struktur dioptimalkan dari server menara, yang dirancang terutama untuk meminimalkan ruang server untuk menempati, dan untuk mengurangi manfaat langsung ruang dikelola dalam kamar saat harga akan jauh lebih murah. Perangkat ini memiliki seperti jenis struktur, karena mereka didesain sesuai dengan rak standar internasional, sehingga ukuran pesawat dari kesatuan dasar, akan diinstal bersama dengan kabinet standar besar vertikaldi sisi lainnya untuk memfasilitasi koneksi dengan peralatan jaringan lainnya dan manajemen.

Storage ServerStorage server yaitu server yang berfungsi sebagai penyimpanan data berkapasitas besar, banyak digunakan oleh perusahaan berbasis IT. Storage Server juga bisa menjadi media untuk menjalankan fungsi server lainnya, seperti Email Server, Database Server, FTP Server, dll.
Selain itu untuk penggunaan pada skala yang lebih kecil, dapat dilihat pada maraknya perangkat digital seperti HP, PDA, Digital Camera, MP3 Player, Video Portabel, sistem penyimpanan eksternal agar data-data dapat ditaruh pada tempat selain HDD di dalam komputer, dll. Sebagai contoh, saat ini sebuah kamera digital saku (pocket digital camera) saja telah memiliki resolusi 8 Megapixel, yang berarti sekali mengambil gambar menghasilkan file diatas 1.5 Megabytes. Menurut penelitian, rata-rata orang melakukan sekali sesi pemotretan dengan menyimpan minimal tiga gambar yang berarti 4.5 Megabytes. Itu artinya dalam satu bulan rata-rata orang secara kasar menghabiskan space sebesar 135 Megabytes, yang belum termasuk aplikasi atau file lain yang ada didalam HDD.

0 komentar:

Posting Komentar