Selasa, 01 Oktober 2013

Traceroute (Tracert)

Traceroute atau Tracert ( pada windows ) merupakan salah satu cara untuk menganalisa jaringan komputer yang digunakan, dengan mengetahui rute perjalanan data melalui paket-paket data yang dikirim ke host (server) melalui media di Internet atau jaringan komputer. Prinsip keja dari tracer route ini yaitu dengan memperhatikan banyaknya loncatan (hop) yang terjadi selama proser surfing ke suatu address yang dituju. (seperti jalan-jalan gitu :D)..





proses untuk mencapai suatu host tertentu, melalui berbagai macam Host jaringan di dunia untuk mencari jalur access tercepat dan tersingkat. misalnya untuk mengases ke www.google.com, kita akan singgah dulu di singapore, italy, france, jerman dan terakhir server google di Amerika.

Traceroute ini dapat di akses melalui command promp.


Biasanya dalam penggunaan perintah trace route, jika jumlah hops yang di tuju sangat besar (

Dari hasil tracert inilah, anda dapat menganalisa jaringan komputer yang anda gunakan. Yang perlu anda perhatikan disini :
  • Hops atau lompatan, loncatan atau perpindahan data. semakin sedikt hops semakin baik. Hops ini akan terlihat berdasarkan urutan angka 1,2,3,dst
  • Waktu biasanya dalam satuan ms ( milisecond ), semakin kecil waktu perpindahan data maka akan semakin baik.
Jika anda melihat pada hasil tracert ada ” * ” atau pesan ” request timed out ” seperti gambat di atas (kebetulan saat membuat posting ini jaringan penulis sedang jelek :D )

Selanjutnya penulis mencoba untuk melakukan traceroute ke 10 alamat yang bebeda, berikut hasilnya:










Dari ke 10 hasil tracert di atas, kebnyakan menampilkan "request time out" hal ini di sebabkan oleh koneksi jaringan yang penulis gunakan sedang tidak stabil. Dalam keadaan stabilnya semua alamat tujuan hop akan ditampilkan.

Demikianlah postingan yang singkat ini, semoga dapat menambah pengetahuan pembaca :)

0 komentar:

Posting Komentar