Rabu, 04 Juni 2014

Wireless Controller

Wireless Local Area Network Controller (WLAN Controller) merupakan teknologi baru yang digunakan untuk memudahkan admin dalam mengorganisasikan suatu jaringan wireless.

WLAN Controller digunakan dalam kombinasi dengan Lightweight Access Point Protocol (LWAPP) untuk mengatur light-weight access points dalam jumlah yang besar oleh admin jaringan. 


dikutip dari beberapa website vendor perangkat jaringan, WLAN controller merupakan projek data plane bagi perkembangan perangkat mereka.
di kutip dari www.cisco.com "WLAN controller merupakan bagian dari Data Plane dalam Cisco Wireless Model. WLAN controller secara otomatis menangani konfigurasi dari 6 sampai 500 access point dimanapun berada (selama dalam jangkauan/area lingkup tertentu), tergantung dari modelnya."

Dari D-Link Sendiri juga ikut meluncurkan prangkat terbaru mereka dengan teknologi WLAN Controller


Fitur-fitur:
1. Deteksi dan penghindaran Interferensi: daya RF dan kanal yang ditugaskan akan disesuaikan dengan yang direncanakan.
2. Load Balancing: pengaturan secara default di disable. kecepatan tinggi load balancing dapat digunakan untuk menghubungkan pengguna ke beberapa jalur akses (access point) untuk tingkat cakupan dan data yang lebih baik.
3. Deteksi dan koreksi Coverage Hole: bagian dari pengaturan RF adalah menangani tingkat daya (power level). Power dapat ditingkatkan untuk melingkupi “lubang-lubang” atau menguranginya untuk melindungi terhadap cell yang tumpang tindih.

WLAN controller juga dilengkapi dengan berbagai bentuk otentikasi, seperti: 802.1X (Protected Extensible Authentication Protocol (PEAP), LEAP, EAP-TLS, Wi-Fi Protected Access (WPA), 802.11i (WPA2), dan Layer 2 Tunneling Protocol (L2TP).

0 komentar:

Posting Komentar